Rabu, 21 Agustus 2013

'Aqidah imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah


Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah, maka nama beliau tidaklah asing bagi kalangan ulama2 Ahlus-Sunnah, baik bagi kalangan mutaqadimin maupun kalangan mutaakhirin.
Beliau adalah salah seorang ulama besar Ahlus Sunnah, salah seorang imam Madzhab diantara 4 imam madzhab yang terkenal dan beliau –sebagaimana imam Al-Humaidi rahimahullah- adalah salah seorang diantara murid yang paling utama diantara murid2nya Imam Asy-Syafi’i rahimahullah, sekaligus beliau juga merupakan salah seorang murid dari 2 orang ulama Ahlus-Sunnah yang perkataannya telah dikutipkan sebelumnya di sini, yaitu imam Al-Humaidi rahimahullah dan Qutaibah bin Sa’id rahimahullah, sehingga tidak heran jika dalam ‘Aqidah, maka imam Ahmad rahimahullah ini tidak ada bedanya dengan imam Al-Humaidi rahimahullah dan Qutaibah bin Sa’id rahimahullah.

Diantara guru-gurunya yang lain yang masyhur adalah Sufyan bin ‘Uyainah rahimahullah dan juga Husyaim rahimahullah.

Sedangkan diantara murid2 beliau yang terkenal diantaranya adalah imam Al-Bukhari rahimahullah, imam Muslim rahimahullah, imam Abu Dawud rahimahullah, imam At-Tirmidzi rahimahullah, imam An-Nasa’i rahimahullah dan imam ibnu Majah rahimahullah, Abu Zur’ah rahimahullah (yang ‘Aqidahnya juga sudah dituliskan di sini) dan banyak sekali ulama2 Ahlus-Sunnah yang lainnya dari kalangan Ahli Hadits dan Ahli Fiqih.
Kemudian, yang menarik adalah bahwa para ulama yang merupakan guru2 beliau, ternyata ikut pula menjadi murid beliau dan mengambil ilmu dari beliau, termasuk diantaranya adalah imam Asy-Syafi’i rahimahullah.

Meski sebenarnya keutamaan beliau diantara para ulama Ahlus-Sunnah yang lain sudah begitu masyhur dan tidak perlu disampaikan lagi, tapi tidak ada salahnya pula jika kemukakan di sini beberapa diantara pujian ulama2 Ahlus-Sunnah terhadap imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah ini.

Tentang Imam Ahmad rahimahullah, maka imam Asy-Syafi’i rahimahullah pernah mengatakan :
خرجت من بغداد فما خلفت بها رجلا أفضل ولا أعلم ولا أفقه من أحمد بن حنبل
“Aku keluar dari Baghdad, maka tidaklah aku tinggalkan di sana seorang laki2 yang lebih utama, lebih berilmu dan lebih faqih daripada Ahmad bin Hanbal rahimahullah.”
(Tadzkiratul-Huffazh 2/16)

Ali bin Al-Madini rahimahullah mengatakan :
إن الله أيد هذا الدين بأبي بكر الصديق يوم الردة وبأحمد بن حنبل يوم المحنة
“Sesungguhnya Allah telah menguatkan agama ini dengan Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu ‘anhu pada masa Riddah, dan Allah menguatkan agama ini dengan Ahmad bin Hanbal rahimahullah pada masa fitnah.”
(Tadzkiratul-Huffazh 2/16)

Abu Ubaid rahimahullah mengatakan :
انتهى العلم إلى أربعة، أفقهم أحمد
“Ilmu ini ada pada 4 orang, dan Ahmad rahimahullah adalah yang paling faqih diantara mereka.”
(Tadzkiratul-Huffazh 2/16)

Abu Tsaur rahimahullah mengatakan :
أحمد أعلم -أو قال: أفقه- من الثوري
“Ahmad rahimahullah lebih ‘alim daripada Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah –atau ia berkata : “Ahmad rahimahullah lebih faqih daripada Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah.”
(Tadzkiratul-Huffazh 2/16)

Selanjutnya….
Berikut diantara perkataan imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah dalam beberapa perkara ‘Aqidah…..

1. Tentang Qadar

Imam Ahmad rahimahullah berkata :
خيره وشره كتبه الله عز وجل على العباد
“Qadar baik dan buruk telah ditetapkan oleh Allah atas seorang hamba.”
(As-Sunnah - al-Khallal 3/545. Isnadnya shahih)

Dalam riwayat lainnya beliau rahimahullah mengatakan :
الإيمان بالقدر خيره وشره ، والتصديق بالأحاديث فيه ، والإيمان بها ، لا يُقال لِـمَ ولا كيف ، إنما هو التصديق والإيمان بها ،
“Iman kepada qadar yang baik dan buruk, dan membenarkan hadits-hadits tentang masalah ini, beriman kepadanya, tidak berkata “Mengapa?”, dan tidak pula mengatakan :”Bagaimana?”, akan tetapi kita hanya membenarkan dan beriman dengannya.”
(Syarh Ushul As-Sunnah 1/4)


2. Tentang Iman

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan :
نحن نقول الايمان قول وعمل يزيد وينقص إذا زنى وشرب الخمر نقص إيمانه
“Kami mengatakan bahwa iman itu adalah ucapan dan perbuatan, (iman itu) bertambah dan berkurang.
Apabila seseorang itu berzina atau meminum khamr maka berkuranglah imannya.”
(As-Sunnah – ‘Abdullah bin imam Ahmad hal.507)


3. Tentang Allah dan ‘Arsy

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan kepada orang2 Jahmiyyah :
لم أنكرتم أن يكون الله على العرش وقد قال تعالى الرحمن على العرش
استوى 5 طه وقال خلق السموات والأرض في ستة أيام ثم استوى على العرش
“Mengapakah kalian mengingkari bahwa Allah itu ada di atas ‘Arsy padahal Allah ta’ala telah berfirman : “Yang Maha Pengasih yang istawa di atas ‘Arsy.” Dan Dia juga berfirman : “Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Kemudian Dia istawa di atas ´Arsy.”
(Ar-Radd ‘Alal-Jahmiyah hal.142)


4. Tentang sahabat-sahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam

Beliau rahimahullah mengatakan :
السنة أن يفضل أبا بكر وعمر وعثمان وعلي من الخلفاء
“Termasuk as-Sunnah adalah mengutamakan Abu Bakar radhiyallaahu ‘anhu, ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu, ‘Utsman radhiyallaahu ‘anhu dan ‘Ali radhiyallaahu ‘anhu dari kalangan Khalifah.”
(As-Sunnah – Al-Khallal 2/372. Isnadnya shahih)

Dalam riwayat lainnya, imam Ahmad rahimahullah mengatakan :
وخير هذه الأمة بعد نبيها أبو بكر الصديق ، ثم عمر بن الخطاب ، ثم عثمان بن عفان ، نُـقـدّم هؤلاء الثلاثة كما قدمهم أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم ، لم يختلفوا في ذلك ، ثم بعد هؤلاء الثلاثة أصحاب الشورى الخمسة : علي بن أبي طالب ، وطلحة ، والزبير ، وعبدالرحمن بن عوف ، وسعد ، كلهم يصلح للخلافة ، وكلهم إمام
“Dan orang yang terbaik dari umat ini setelah Nabi shallalaahu ‘alaihi wa sallam adalah Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu ‘anhu, kemudian ‘Umar bin Al-Khathab radhiyallaahu ‘anhu, kemudian ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallaahu ‘anhu.
Kami mengutamakan ketiga sahabat radhiyallaahu ‘anhum ini sebagaimana sahabat2 Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga mendahulukan beliau bertiga radhiyallaahu ‘anhum.
Mereka semua tidaklah berbeda pendapat dalam hal itu.
Lalu setelah ketiga sahabat radhiyallaahu ‘anhum ini adalah 5 sahabat ashabusy-syura radhiyallaahu ‘anhum, yakni ‘Ali bin Abu Thalib radhiyallaahu ‘anhu, Thalhah radhiyallaahu ‘anhu, Az-Zubair bin Al-Awwam radhiyallaahu ‘anhu, ‘Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallaahu ‘anhu, dan Sa’ad bin Abi Waqash radhiyallaahu ‘anhu.
Semunya beliau radhiyallaahu ‘anhum ini memenuhi syarat untuk menjadi seorang khalifah, dan beliau semuanya radhiyallaahu ‘anhum ini adalah para imam.
(Syarh Ushul As-Sunnah 1/15)

Dalam riwayat lainnya dari Abu Bakar al-Marudzi rahimahullah :
سمعت أبا عبدالله وذكر له أصحاب رسول الله  صلى الله عليه وسلم  فقال رحمهم الله أجمعين
“Aku mendengar Abu Abdullah (yakni imam Ahmad rahimahullah) saat disebutkan kepada beliau tentang sahabat2 Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka imam Ahmad rahimahullah berkata : “Semoga Allah menyayangi mereka semuanya.”
(As-Sunnah – Al-Khallal 2/477. Isnadnya shahih)


4. Tentang Al-Quran adalah kalam Allah

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan :
والقرآن كلام الله، وليس بمخلوق
“Al-Quran adalah kalam Allah, dan bukan makhluk.”
(Syarh Ushul As-Sunnah 1/5)

Dalam riwayat lainnya, beliau rahimahullah juga mengatakan :
وقد ذكر الله كلامه موضع من القرآن فسماه كلاما ولم يسمه خلقا قوله فتلقى آدم من ربه كلمات 27 البقرة وقال وقد كان فريق منهم يسمعون كلام الله  .................... 
“Sungguh Allah telah menyebutkan tentang kalam-Nya di berbagai tempat di dalam Al-Quran, dan Dia menyebutnya dengan “kalam”, dan tidak menyebutnya “makhluk”.
Dia berfirman : “Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Rabb-nya.”, dan Dia juga berfirman : “Padahal segolongan dari mereka mendengar kalam Allah.”…….
(Ar-Radd ‘Alal-Jahmiyah hal.117-118)


5. Tentang melihat Allah kelak di akhirat

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan :
والأحاديث في أيدي أهل العلم عن النبي صلى الله عليه وسلم أن  أهل الجنة يرون ربهم لا يختلف فيها أهل العلم 
“Dan hadits2 dalam masalah ini yang ada pada para ulama dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah bahwa para penduduk surga, mereka akan melihat kepada Rabb mereka.
Dalam masalah ini para ahli ilmu tidaklah berbeda pendapat.”
(Ar-Radd ‘alal-Jahmiyyah hal.32)

Dalam riwayat lainnya, beliau rahimahullah mengatakan :
والإيمان بالرؤية يوم القيامة ، كما روي عن النبي صلى الله عليه وسلم من الأحاديث الصحاح
“Dan beriman dengan perkara melihat Allah di hari kiamat kelak sebagaimana diriwayatkan dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits2 yang shahih.”
(Syarh Ushul As-Sunnah 1/6)

1 komentar: