Imam Muslim rahimahullah telah meriwayatkan dalam Shahih-nya dari haditsnya Abu Sa’id al-Khudri radhiyallaahu ‘anhu, beliau mengatakan bahwa :
النبي
صلى الله عليه و سلم كان يقرأ في صلاة الظهر في الركعتين الأوليين في كل
ركعة قدر ثلاثين آية وفي الأخريين قدر خمس عشرة آية أو قال نصف ذلك وفي
العصر في الركعتين الأوليين في كل ركعة قدر قراءة خمس عشرة آية وفي
الأخريين قدر نصف ذلك
“Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam membaca dalam shalat Zhuhur pada dua raka’at pertama sekira 30
ayat, dan pada dua raka’at yang terakhir sekira 15 ayat.”
Atau ia mengatakan : “Setengah dari itu.”
Dan
di dalam shalat Ashar, pada dua raka’at yang pertama beliau membaca
sekira 15 ayat di setiap raka’atnya, sedangkan pada dua raka’at yang
terakhir sekira setengah dari itu.”
(Shahih Muslim 1/334 no.452)
Hadits ini menjadi dalil yang jelas mengenai bolehnya bagi seseorang yang shalat untuk membaca ayat Al-Quran
tambahan setelah membaca Al-Fatihah pada raka’at ketiga (dan juga pada
raka’at ke-empat).
Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullah mengatakan :
وقد تقدم من حديث أبي سعيد الخدري ما يدل على أن النبي ( كان يقرأ في الركعتين الأخريين على قدر نصف قراءته في الأوليين .
وحمله طائفة من أصحابنا وغيرهم على أن هذا كان يفعله أحياناً لبيان الجواز ، فيدل على أنه غير مكروه ، خلافا لمن كرهه . والله أعلم
“Dan
juga telah disebutkan sebelumnya dari haditsnya Abu Sa’id al-Khudri
radhiyallaahu ‘anhu yang menunjukan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam membaca pada dua raka’at terakhir sekira setengahnya dari bacaan
beliau pada dua raka’at pertama.
Sekelompok ulama dari kalangan
sahabat2 kami dan yang selainnya membawakan pengertian hadits ini bahwa
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam terkadang melakukannya adalah untuk
menjelaskan akan kebolehannya.
Dan ini menunjukan bahwa perbuatan
itu (yakni membaca surat/ayat lain pada raka’at ke-3 dan ke-4) tidaklah
makruh, dan hadits ini menyelisihi orang yang menganggapnya makruh. Wallaahu a'lam. ”
(Fathul-Bari 7/80)
Kemudian, yang menguatkan dan memperjelas akan bolehnya bagi seseorang untuk membaca ayat Al-Quran
tambahan setelah membaca Al-Fatihah pada raka’at ketiga (dan juga pada
raka’at ke-empat) adalah apa yang pernah diamalkan oleh Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu 'anhu.
Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullah mengatakan :
وقد تقدم عن أبي بكر الصديق ، أنه قرأ في الثالثة من المغرب بعد
الفاتحة ( رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا ( [ آل
عمران : 8 ] .
وقد استحب أحمد ذلك في رواية .
“Telah disebutkan
sebelumnya dari Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu ‘anhu bahwa pada
raka’at ke-3 shalat Maghrib, setelah Al-Fatihah, beliau membaca : “Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahablanaa min ladunka rahmatan innaka antal-wahhaab.” (Q.S Ali ‘Imran ayat 8)
Dan dalam salah satu riwayatnya, imam Ahmad menyukai akan hal itu.”
(Fathul-Bari 7/80)
Adapun riwayat yang dimaksud oleh Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullah dari Abu Bakar radhiyallaahu 'anhu ini, diantaranya sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Malik rahimahullah dalam Al-Muwatha', yaitu :
عن أبي عبيد مولى سليمان بن عبد الملك عن عبادة بن نسي عن قيس بن
الحارث عن أبي عبد الله الصنابحي قال قدمت المدينة في خلافة أبي بكر الصديق
فصليت وراءه المغرب فقرأ في الركعتين الأوليين بأم القرآن وسورة سورة من
قصار المفصل ثم قام في الثالثة فدنوت منه حتى إن ثيابي لتكاد أن تمس ثيابه
فسمعته قرأ بأم القرآن وبهذه الآية { ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب
لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب }
Dari Abu ‘Ubaid maula Sulaiman
bin ‘Abdul Malik dari ‘Ubadah bin Nusa dari Qais bin Al-Harits dari Abu
‘Abdullah ash-Shunabihi, ia berkata :
“Aku datang ke Madinah pada
masa ke-Khalifahan Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu ‘anhu, maka akupun
shalat Maghrib di belakang beliau. Beliau membaca pada dua raka’at
pertama dengan Ummul-Quran dan surat2 pendek dari Al-Mufashal. Kemudian
beliau berdiri pada raka’at ketiga, dan akupun mendekat kepadanya
sampai2 kainku hampir menempel dengan pakaiannya.
Maka aku mendengar beliau membaca Ummul-Quran dan ayat : “Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahablanaa min ladunka rahmatan innaka antal-wahhaab.”(1)
(Al-Muwatha 1/79 Kitab ash-Shalat no.25. -Isnadnya shahih-)(2)
Maka, seperti inilah yang kemudian dipilih oleh sebagian ulama, yakni akan bolehnya bagi seseorang untuk membaca ayat Al-Quran
tambahan setelah membaca Al-Fatihah pada raka’at ketiga (dan juga pada
raka’at ke-empat).
Imam Asy-Syafi’i rahimahullah pernah mengatakan :
وأحب أن يكون أقل ما
يقرأ مع أم القرآن في الركعتين الأوليين قدر أقصر سورة من القرآن مثل إنا
أعطيناك الكوثر وما أشببها وفي الأخريين أم القرآن وآية
“Aku suka jika
apa yang dibaca bersama dengan Ummul-Quran pada dua raka’at yang
pertama, paling sedikit adalah seukuran dengan surat2 yang paling pendek
dari Al-Quran, semisal Innaa a’thainaakal-kautsar, atau yang sepertinya. Dan pada dua raka’at yang terakhir membaca Ummul-Quran dan satu ayat.”
(Al-Umm 2/250)
Demikianlah. Wallaahu a'lam.
Note :
(1) Al-Quran surat Ali ‘Imran ayat 8
(2) Tentang atsar Abu Bakar radhiyallaahu 'anhu ini, Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan dalam Al-Majmu’ : “Imam
Malik rahimahullah telah meriwayatkan dalam al-Muwatha' dengan isnad yang
shahih.”
(Al-Majmu' 3/335)
bener2 bru tau... makasiy artikelnya.sangat bermanfaat
BalasHapus