Sufyan At-Tsauri rahimahullah, maka beliau adalah Sufyan bin Sa’id bin 
Masruq, Abu Abdullah Ats-Tsauri, al-Imam, Syaikhul Islam, penghulunya 
para hafizh.  
Beliau lahir pada tahun 97 H dan wafat pada tahun 161 H.
Beliau
 adalah guru dari ‘Abdullah bin Al-Mubarak rahimahullah, Yahya bin Sa’id
 al-Qathan, Waki’ bin Al-Jarah dan banyak lagi ulama2 besar Ahlus-Sunnah
 yang lainnya. 
Sedangkan guru2 beliau yang paling masyhur 
diantaranya adalah Ja’far bin Muhammad ash-Shadiq rahimahullah, putera 
dari, Sulaiman Al-A’masy rahimahullah, Syu’bah rahimahullah, ‘Abdurahman
 bin Al-Qasim rahimahullah, dan Zaid bin Aslam rahimahullah yang 
merupakan guru dari imam Malik rahimahullah.
Adapun mengenai 
kedudukan beliau di kalangan ulama2 Ahlus-Sunnah, maka Yahya bin Ma’in, 
Syu’bah, Abu Ashim, Sufyan bin ‘Uyainah dan jama’ah ulama rahimahumullah
 mengatakan :
سفيان أمير المؤمنين في الحديث
“Sufyan adalah Amirul-Mu’minin dalam hadits.”
(Tahdzibul-Kamal 11/164)
Yahya bin Sa’id al-Qathan rahimahullah mengatakan :
سفيان فوق مالك في كل شيء 
“Sufyan di atas imam Malik rahimahullah dalam segala perkara.”
(Tadzkiratul-Huffazh 1/152)
Imam Ahmad rahimahullah mengatakan :
“Dalam hatiku, tidaklah aku mengutamakan seorangpun darinya.”
(Thabaqat Ulama al-Hadits 1/310)
‘Abbas ad-Dauri rahimahullah mengatakan :
رأيت يحيى بن معين لا يقدم على سفيان في زمانه أحدا في الفقه والحديث والزهد وكل شئ
“Aku
 melihat Yahya bin Ma’in rahimahullah, di masanya, beliau tidaklah 
mendahulukan seorangpun dari Sufyan dalam masalah Fiqih, hadits, zuhud, 
dan dalam setiap perkara.”
(Tahdzibul-Kamal 11/166)
Nah, 
sebagian perkataan ulama di atas, lebih dari cukup untuk menggambarkan 
betapa tingginya kedudukan Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah ini di 
kalangan ulama2 salaf Ahlus-Sunnah rahimahumullah.
Dan, berikut beberapa perkataan beliau dalam beberapa perkara ‘Aqidah….(1)
1. Tentang Qadar
Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah mengatakan :
تؤمن بالقدر خيره وشره وحلوه ومره كل من عند الله عز وجل
“Engkau beriman kepada qadar baik dan qadar buruk, manisnya dan pahitnya, semuanya adalah dari sisi Allah ‘Azza wa Jalla.”
(Syarh Ushul I’tiqad Ahlis-Sunnah 1/171)
2. Tentang iman
Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah mengatakan :
والإيمان قول وعمل ونية يزيد وينقص يزيد بالطاعة وينقص بالمعصية ولا يجوز القول إلا بالعمل ولا يجوز القول والعمل إلا بالنية ولا
يجوز القول والعمل والنية إلا بموافقة السنة
“Iman
 itu adalah ucapan, perbuatan dan niat. Iman itu bertambah dan 
berkurang. Bertambah dengan keta’atan dan berkurang dengan kemaksiatan.
Tidaklah
 perkataan kecuali dengan amal, dan tidaklah perkataan dan perbuatan 
kecuali dengan niat, sedangkan tidaklah perkataan, perbuatan dan niat 
kecuali dengan mencocoki sunnah.”
(Syarh Ushul I’tiqad Ahlis-Sunnah 1/170-171)
3. Tentang Al-Quran adalah kalam Allah
Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah mengatakan :
القرآن كلام الله غير مخلوق منه بدأ وإليه يعود من قال غير هذا فهو كفر
“Al-Quran
 adalah kalam Allah, bukan makhluk. Dari Allah Al-Quran berasal, dan 
kepada Allah akan kembali. Barangsiapa yang mengatakan yang selain ini, 
maka dia telah kafir.”
(Syarh Ushul I’tiqad Ahlis-Sunnah 1/170)
4. Tentang sahabat2 Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah mengatakan :
تقدمة
 الشيخين ابي بكر وعمر رضي الله عنهما يا شعيب لا ينفعك ما كتبت حتى تقدم 
عثمانا وعليا على من بعدهما يا شعيب بن حرب لا ينفعك ما كتبت لك حتى لا 
تشهد لأحد بجنته ولا نار إلا للعشرة الذين شهد لهم رسول الله وكلهم من قريش
“Engkau utamakan syaikhain yakni Abu Bakar radhiyallaahu ‘anhu dan ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu….
Engkau utamakan ‘Utsman radhiyallaahu ‘anhu dan ‘Ali radhiyallaahu ‘anhu di atas yang lainnya..
Engkau
 tidak bersaksi untuk seorangpun dengan jaminan surga ataupun neraka 
kecuali kepada 10 orang yang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam 
telah bersaksi atas mereka semuanya, dan semuanya berasal dari Quraisy.”
(Syarh Ushul I’tiqad Ahlis-Sunnah 1/171)
Beliau rahimahullah juga mengatakan :
من
 زعم أن عليا رضي الله عنه كان أحق بالولاية منهما فقد خطأ أبا بكر وعمر 
والمهاجرين والأنصار رضي الله عنهم جميعهم وما أراه يرتفع له مع هذا عمل 
إلى السماء
“Siapa yang menyangka bahwa ‘Ali radhiyallaahu ‘anhu lebih
 berhak atas ke-khalifahan dibanding Abu Bakar radhiyallaahu ‘anhu dan 
‘Umar radhiyallaahu ‘anhu, maka sungguh dia telah menyalahi Abu Bakar, 
‘Umar, kaum Muhajirin dan Anshar radhiyallaahu ‘anhum ajma’in.
Dan aku melihat orang dengan keyakinannya yang salah itu, maka amal baiknya tidak akan naik ke langit.” 
(Sunan Abu Dawud 2/617 no.4630)
Note :
(1) Imam Adz-Dzahabi rahimahullah mengatakan :
هذا ثابت عن سفيان
“Perkataan ini tsabit dari Sufyan rahimahullah.”
(Tadzkiratul-Huffazh 1/153)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar