Merupakan satu hal yang menarik untuk mengetahui seperti apa yang diriwayatkan dari beberapa ulama salaf
rahimahumullah mengenai komitmen beliau semua, mengenai pandangan beliau semua dan mengenai sikap beliau semua dalam menjaga shalat
berjama’ah ini.
So, untuk mengetahuinya lebih jauh, maka berikut beberapa riwayat dari ulama2 salaf yang berkenaan dengan hal ini, diantaranya :
1. ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu, salah seorang sahabat besar, pernah berkata :
لقد
رأيتنا وما يتخلف عن الصلاة إلا منافق قد علم نفاقه أو مريض إن كان المريض ليمشي
بين رجلين حتى يأتي الصلاة
“Sungguh
dahulu kami melihat bahwa tidak ada seorangpun yang tertinggal shalat
berjama’ah melainkan seseorang yang jelas kemunafikannya dan sungguh
dahulu seorang laki2 datang menghadiri shalat berjama’ah dengan dipapah
oleh dua orang laki2 lainnya sehingga ia diberdirikan di dalam shaf.”
(Shahih Muslim 1/435 no.654)
(Shahih Muslim 1/435 no.654)
Beliau radhiyallaahu 'anhu juga berkata :
إن رسول الله صلى الله عليه و سلم علمنا سنن الهدى وإن من سنن الهدى الصلاة في المسجد الذي يؤذن فيه
إن رسول الله صلى الله عليه و سلم علمنا سنن الهدى وإن من سنن الهدى الصلاة في المسجد الذي يؤذن فيه
“Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah mengajari kami sunnah2 petunjuk
dan diantar sunnah2 pentunjuk itu adalah shalat di masjid yang
dikumandangkan adzan di dalamnya.”
(Shahih Muslim 1/435 no.654)
2. Sa’id bin Al-Musayyab rahimahullah(1), beliau berkata :
(Shahih Muslim 1/435 no.654)
2. Sa’id bin Al-Musayyab rahimahullah(1), beliau berkata :
ما أذن المؤذن منذ ثلاثين سنة إلا وأنا في المسجد
“Tidaklah muadzin mengumandangkan adzan selama 30 tahun melainkan saat itu aku ada bersamanya di masjid.”
(As-Siyar 4/221)
Beliau rahimahullah juga berkata :
ما فاتتني
الصلاة في جماعة منذ أربعين سنة
“Aku tidak pernah tertinggal shalat berjama’ah selama 40 tahun.”
(As-Siyar 4/221)
3. Yahya bin Sa'id Al-Qathan rahimahullah beliau mengatakan tentang Sulaiman Al-A’masy rahimahullah(2) :
(As-Siyar 4/221)
3. Yahya bin Sa'id Al-Qathan rahimahullah beliau mengatakan tentang Sulaiman Al-A’masy rahimahullah(2) :
كان من النساك، وكان محافظا على الصلاة
في جماعة، وعلى الصف الأول، وهو علامة الإسلام
“Al-A’masy
adalah seorang ahli ibadah, dan ia adalah orang yang selalu menjaga
sholat berjama’ah dan juga menjaga shaf pertama. Dia adalah ulamanya
Islam”.
(As-Siyar 6/232)
(As-Siyar 6/232)
4. Ibnu Abi Syaibah rahimahullah meriwayatkan :
عَنِ الأَسْوَدِ ؛ أَنَّهُ كَانَ إِذَا فَاتَتْهُ الصَّلاَةُ فِي مَسْجِدِ قَوْمِهِ ، ذَهَبَ إِلَى مَسْجِدٍ غَيْرِهِ.“...dari Al-Aswad rahimahullah(3) bahwasannya ia apabila terluput shalat di mesjid kaumnya, maka ia segera pergi ke mesjid yang lain (untuk mencari shalat berjama'ah).”
(Mushanaf ibnu Abi Syaibah 2/205 no.6044. Shahih)
عَنِ الأَسْوَدِ ؛ أَنَّهُ كَانَ إِذَا فَاتَتْهُ الصَّلاَةُ فِي مَسْجِدِ قَوْمِهِ ، ذَهَبَ إِلَى مَسْجِدٍ غَيْرِهِ.“...dari Al-Aswad rahimahullah(3) bahwasannya ia apabila terluput shalat di mesjid kaumnya, maka ia segera pergi ke mesjid yang lain (untuk mencari shalat berjama'ah).”
(Mushanaf ibnu Abi Syaibah 2/205 no.6044. Shahih)
5. Rabi’ah bin Yazid rahimahullah(4), beliau berkata :
ما أذن المؤذن لصلاة الظهر منذ أربعين سنة إلا وأنا في المسجد إلا أن أكون مريضا أو مسافرا
“Tidaklah muadzin mengumandangkan adzan Zhuhur selama 40 tahun melainkan saat itu aku ada bersamanya di masjid. Kecuali jika aku sedang sakit atau sedang musafir.”
(As-Siyar 5/240)
(As-Siyar 5/240)
6. Hammad bin Zaid rahimahullah mengatakan :
كَانَ ليث بْن أبي سليم إذا فاتته الصلاة فِي مسجد حيه اكترى حماراً ، فطاف عَلِيهِ المساجد حَتَّى يدرك جماعةً
“Adalah Laits bin Abi Sulaim(5)
apabila dia terluput shalat (berjama’ah) di mesjid, maka dia menaiki
punggung keledainya dan berkeliling dengannya ke masjid2 sampai dia
menemukan jama’ah (untuk shalat berjama’ah).”
(Fathul-Bari 6/5 sebagaimana dinukilkan oleh Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullah)
7. Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullah mengatakan :
ونص الإمام أحمد عَلَى أن من فاتته الجماعة فِي مسجد حيه أَنَّهُ يذهب إلى مسجد آخر ليدرك الجماعة
"Dan imam Ahmad
rahimahullah telah me-nash-kan bahwa barangsiapa yang terluput shalat
berjama’ah di mesjid yang tetap, maka hendaknya dia pergi ke masjid yang
lain untuk mencari jama’ah.”
(Fathul Bari 6/5)
(Fathul Bari 6/5)
Dan riwayat2 yang
lain dari kalangan salaf yang lainnya, yang menunjukkan bahwa shalat
berjama’ah di masjid2 kaum muslimin benar2 menjadi satu hal yang sangat
diutamakan dan dijaga oleh beliau semua rahimahumullah.Ya, kalaulah ada manusianya
yang paling antusias, paling greget, dan paling istiqamah dalam menjaga
shalat berjama'ah, maka ulama2 salaf-lah orangnya.
Lalu.......bagaimana dengan kita?
Tidakkah menyenangkan sekali jika sekiranya komitmen yang sama juga ada pada diri kita, bukan?
Lalu.......bagaimana dengan kita?
Tidakkah menyenangkan sekali jika sekiranya komitmen yang sama juga ada pada diri kita, bukan?
Note :
(1) Sa’id bin Al-Musayyab rahimahullah
Sa’id bin Al-Musayyab rahimahullah, adalah beliau adalah seorang imam yang 'alim, ulama terkemuka Madinah dan mufti mereka, dan pemimpin para tabi’in.
Beliau bertemu dengan 'Umar bin Al-Khathab radhiyallaahu 'anhu, 'Utsman bin Affan radhiyallaahu 'anhu, 'Ali bin Abi Thalib radhiyallaahu 'anhu, Zaid bin Tsabit radhiyallaahu 'anhu dan sejumlah sahabat2 besar lainnya.
Ibnu ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu mengatakan : “Demi Allah, Sa’id bin Al-Musayyab adalah salah seorang mufti.”
Qatadah, Makhul, Az-Zuhri dan yang lainnya mengatakan : “Tidak pernah aku melihat seorang yang lebih berilmu dibandingkan Sa’id bin Al-Musayyab.”
Ali ibnu Al-Madani rahimahullah mengatakan : "Aku tidak mengetahu di kalangan tabi'in ada seseorang yang lebih luas ilmunya dibandingkan ibnu Al-Musayyab."
(As-Siyar 4/222)
(2) Sulaiman al-A'masy rahimahullah
Beliau adalah Sulaiman bin Mihran Abu Muhammad al-Asadi, al-Imam, Al-Hafizh, Syaikhul Islam, salah seorang ulama hadits yang masyhur dan juga terkenal sebagai seorang ahli ibadah.
Sufyan bin Uyainah rahimahullah pernah mengatakan : "Al-A'masy lebih pandai dalam kitabullah, lebih hafal tentang hadits, dan lebih faham tentang masalah fara-idh dibandingkan kalian."
Al-Ijli rahimahullah mengetakan : "Al-A'masy tsiqah tsabit. Ia adalah muhadits kufah di zamannya."
(Thabaqat Ulama Al-Hadits 1/241, As-Siyar 6/234)
(3) Al-Aswad bin Yazid an-Nakha’i Abu ‘Amru al-Faqih rahimahullah.
Sebagaimana dikatakan oleh Al-Hafizh, Al-Aswad rahimahullah ini adalah salah seorang kibar tabi’in. Beliau adalah seorang ulama yang faqih dan zuhud, ahli ibadah dan ulamanya orang2 Kufah.
Beliau mengambil ilmu dari Abu Bakar radhyallaahu ‘anhu, ‘Umar radhyallaahu ‘anhu, ‘Ali radhyallaahu ‘anhu, ‘Aisyah radhyallaahu ‘anha, ibnu Mas’ud radhyallaahu ‘anhu, dan sahabat2 Nabi yang lainnya.
Imam Ahmad rahimahullah mengatakan : “Beliau adalah seorang yang tsiqah dari kalangan ahlul khair.”
Ibrahim an-Nakha’I rahimahullah menyebutkan bahwa Al-Aswad ini adalah salah seorang mufti dari kalangan sahabat2 ibnu Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu.
(Thabaqat ‘Ulama al-Hadits 1/105-106, Tahdzib At-Tahdzib no.625)
(1) Sa’id bin Al-Musayyab rahimahullah
Sa’id bin Al-Musayyab rahimahullah, adalah beliau adalah seorang imam yang 'alim, ulama terkemuka Madinah dan mufti mereka, dan pemimpin para tabi’in.
Beliau bertemu dengan 'Umar bin Al-Khathab radhiyallaahu 'anhu, 'Utsman bin Affan radhiyallaahu 'anhu, 'Ali bin Abi Thalib radhiyallaahu 'anhu, Zaid bin Tsabit radhiyallaahu 'anhu dan sejumlah sahabat2 besar lainnya.
Ibnu ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu mengatakan : “Demi Allah, Sa’id bin Al-Musayyab adalah salah seorang mufti.”
Qatadah, Makhul, Az-Zuhri dan yang lainnya mengatakan : “Tidak pernah aku melihat seorang yang lebih berilmu dibandingkan Sa’id bin Al-Musayyab.”
Ali ibnu Al-Madani rahimahullah mengatakan : "Aku tidak mengetahu di kalangan tabi'in ada seseorang yang lebih luas ilmunya dibandingkan ibnu Al-Musayyab."
(As-Siyar 4/222)
(2) Sulaiman al-A'masy rahimahullah
Beliau adalah Sulaiman bin Mihran Abu Muhammad al-Asadi, al-Imam, Al-Hafizh, Syaikhul Islam, salah seorang ulama hadits yang masyhur dan juga terkenal sebagai seorang ahli ibadah.
Sufyan bin Uyainah rahimahullah pernah mengatakan : "Al-A'masy lebih pandai dalam kitabullah, lebih hafal tentang hadits, dan lebih faham tentang masalah fara-idh dibandingkan kalian."
Al-Ijli rahimahullah mengetakan : "Al-A'masy tsiqah tsabit. Ia adalah muhadits kufah di zamannya."
(Thabaqat Ulama Al-Hadits 1/241, As-Siyar 6/234)
(3) Al-Aswad bin Yazid an-Nakha’i Abu ‘Amru al-Faqih rahimahullah.
Sebagaimana dikatakan oleh Al-Hafizh, Al-Aswad rahimahullah ini adalah salah seorang kibar tabi’in. Beliau adalah seorang ulama yang faqih dan zuhud, ahli ibadah dan ulamanya orang2 Kufah.
Beliau mengambil ilmu dari Abu Bakar radhyallaahu ‘anhu, ‘Umar radhyallaahu ‘anhu, ‘Ali radhyallaahu ‘anhu, ‘Aisyah radhyallaahu ‘anha, ibnu Mas’ud radhyallaahu ‘anhu, dan sahabat2 Nabi yang lainnya.
Imam Ahmad rahimahullah mengatakan : “Beliau adalah seorang yang tsiqah dari kalangan ahlul khair.”
Ibrahim an-Nakha’I rahimahullah menyebutkan bahwa Al-Aswad ini adalah salah seorang mufti dari kalangan sahabat2 ibnu Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu.
(Thabaqat ‘Ulama al-Hadits 1/105-106, Tahdzib At-Tahdzib no.625)
(4) Rabi’ah bin Yazid rahimahullah
Rabi’ah bin Yazid rahimahullah adalah seorang ahli ibadah dan imam panutan. Beliau mengambil ilmu dari para tabi'in semisal Jubair bin Nufair rahimahullah, Abu Idris al-Khaulani rahimahullah, Watsilah bin Al-Asqa’ rahimahullah dan yang lainnya.
Sa’id bin ‘Abdul ‘Aziz mengatakan : “Tidaklah ada di sisi kami yang lebih bagus ibadahnya dari Rabi’ah dan Makhul.”
Farj bin Fadhalah mengatakan : "Rabi'ah lebih utama dari Makhul, yakni dalam hal ibadah."
(As-Siyar 5/239-240)
Beliau terkenal sebagai salah seorang ahli ibadah.
Beliau hidup semasa dengan Mujahid rahimahullah, Ikrimah rahimahullah, Thawus rahimahullah dan yang lainnya.
Ibnu Sa’ad rahimahullah mengatakan : “Beliau adalah seorang laki2 yang shalih dan ahli ibadah.”
Al-Bazar rahimahullah mengatakan : “Beliau adalah salah seorang ahli ibadah.
Imam Ad-Daruquthni rahimahullah mengatakan : “Shahibu Sunnah.”
(Tahdzib At-Tahdzib – Al-Hafizh ibnu Hajar rahimahullah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar