Jumat, 26 September 2014

Copy-Paste teks arab dari internet ke Microsoft Word

Tidak bisa dipungkiri bahwa internet termasuk salah satu source yang sangat bermanfaat bagi kita yang sering mengkaji berbagai masalah2 ke-Islaman. Situs-situs yang memiliki library kitab2 klasik berbahasa Arab seperti islamweb, readkitabklasik, waqfeya, shamela, dan yang lainnya merupakan situs-situs yang sering dikunjungi oleh para pencari ilmu yang ingin mengetahui berbagai bahasan dari berbagai kitab-kitab berbahasa Arab yang dapat dibaca secara online.

Saat membaca secara online ini, adakalanya kita kemudian menemukan beberapa hadits, atau beberapa perkataan ulama dalam bahasa Arab yang kita perlukan dan kemudian ingin kita copy serta kumpulkan di komputer kita melalui program Ms Word.

Sayangnya, saat hadits2 atau perkataan2 para ulama itu kita copy paste ke Ms Word, ternyata format bahasa Arabnya menjadi berubah, rusak dan sulit untuk kita baca dengan normal. Yang tadinya teks bahasa Arab itu dimulai dari kanan ke kiri, tapi setelah di paste-kan di Ms Word formatnya berubah menjadi kiri ke kanan.



Contohnya seperti pada gambar di bawah ini :

Saya ingin meng-copy satu hadits dari situs Islamweb kemudian memindahkannya ke program Ms Word.
Akan tetapi hasilnya malah menjadi seperti ini :


Tentu, hasil paste ke Ms Word seperti itu sulit sekali untuk dibaca.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya?
Ada satu tips yang mudah tapi terbilang efektif -setidaknya bagi saya- dalam mengatasi hal ini, yakni, sebelum kita mem-paste-kan teks bahasa Arab itu ke program Ms Word, terlebih dulu teks itu kita paste-kan ke program WordPad seperti gambar di bahwa ini :


Setelah itu kita copy teks Arab dari WordPad tersebut dan baru kemudian kita paste-kan di Ms Word.


Insya Allah, dengan cara ini, teks berbahasa Arab yang kita copy dari internet akan tampil di Ms Word sebagaimana format aslinya, yakni dari kanan ke kiri.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Saya sdh menyalinnya ke wordpad, kemudian saya salin teks dari wordpad tersebut, tp kenapa ya tulisannya masih berurutan terbalik?

    BalasHapus
  2. Saya sudah mencoba hal ini dibeberapa komputer dengan beberapa versi OS yang berbeda dan versi Ms Office yang berbeda, dan selama ini -alhamdulillah- tidak ada masalah.
    Apa yang antum sampaikan di sini adalah hal yang baru bagi saya, dan maaf saya tidak tahu masalahnya ada di mana. Bisa di Os antum, atau bisa juga di Ms Office-nya.

    Mungkin untuk sementara saya hanya bisa memberikan saran....
    Coba antum periksa setting bahasa di aplikasi Ms Office-nya.
    Caranya klik Start > Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Tools > Microsoft Office Language Setting. Lihat apakah disana ada pilihan untuk bahasa Arab (Arabic). Jika ada, maka pilih bahasa Arab, lalu klik tombol Add, klik Ok.
    Restart aplikasi Ms Office, lalu buka kembali Ms Word, dan coba antum copy teks dari internet, copy ke WordPad, pastekan ke Ms Word..

    Semoga berhasil.

    BalasHapus